aplikasi google allo

   Sudah pernah dengar aplikasi chatting Google Allo? Ya, kalau memang anda doyan untuk chatting mungkin bisa mencoba aplikasi chatting besutan google ini. Kabarnya aplikasi Google Allo ini sudah diunduh oleh satu juta pengguna di platform goggle playstore dalam waktu satu minggu setelah dirilis. Cukup menggembirakan ya, sudah banyak yang menggunakannya. Memang tergolong cukup fantastis, ya mengingat penggunaan layanan Google sudah sangat mapan sehingga netizen bisa lebih percaya terhadapnya. Pendaftarannya pun cukup mudah dan praktis karena dapat disinkronisasi secara langsung dengan akun Google.
   
   Kabar yang beredar di kalangan netizen, Google Allo ini tidak aman, benarkah? Ya memang ada salah satu statement yang mengungkapkan seperti itu, tepatnya dari mantan pegawai NSA, Edward Snowden. Ia memang membenarkan bahwa Google telah membenamkan fitur enkripsi end-to-end dari Open Whisper Systems yang dapat mencegah percakapan yang disadap oleh siapa pun, termasuk agen pemerintah. Namun, enkripsi tersebut tidak diaktifkan secara default layaknya pada instant messenger lain seperti WhatsApp. Untuk menyalakannya, pengguna harus lebih dahulu masuk ke mode “Incognito”. Mode Incognito sendiri bisa diakses lewat menu pesan atau message yang ada di pojok kanan bawah. Hal ini menurut Snowden merupakan kelemahan besar dari Allo dalam hal privasi pengguna. Mengapa enkripsi tak dilakukan secara default? Snowden mengklaim hal tersebut bisa mengganggu kerja fitur andalan Allo.

   Terlepas dari itu, toh Allo tetap meraup banyak peminat. Allo sendiri mempunyai mempunyai teknologi canggih yaitu artificial intelligent (AI) Google Assistant yang bisa membantu melakukan berbagai macam hal, antara lain memberi saran dari balasan pesan yang dikirim pengguna atau memesan tempat di restora, dan lainnya. AI Google Assistant bekerja dengan menganalisis isi pesan pengguna. Kalau enkripsi diaktifkan, maka kecerdasan buatan ini tidak bisa membaca pesan pengguna dan tak mampu berfungsi.

Allo merupakan sebuah aplikasi baru keluar untuk meramaikan aplikasi chatting di masyarakat. Jadi siap-siap saja untuk berhadapan dengan aplikasi chatting populer seperti WhatsApp, Line, WeChat, Facebook Messenger, hingga iMessage. Mampukah Allo untuk memikat hati para pengguna aplikasi chatting yang telah beredar pasaran sekarang?